KARAKTERISTIK PEMIMPIN YANG DIBUTUHKAN INDONESIA

www.beasiswadataprint.com
www.dataprint.co.id

Indonesia adalah suatu Negara yang besar. Negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, suku, agama dan  kebudayaan yang beranekaragam. Semua itu merupakan harta yang berharga bagi Indonesia. Namun apa yang kita lihat saat ini sungguh sangat bertolak belakang. Berbagai permasalahan seperti kebakaran hutan, banjir, kelaparan, korupsi, kemiskinan, pengangguran, dan perampasan budaya oleh pihak asing justru semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh dua faktor yang diantaranya adalah kesadaran moral rakyat dan paling utama yaitu peran Pemimpin. Karena pemimpinlah sentral sebuah Negara dan tidak akan baik suatu kaum jika pemimpinnya tidak baik.
Pemimpin pada hakekatnya adalah seorang yang diharapkan mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi, memberi petunjuk dan juga mampu untuk menentukan individu untuk mencapai tujuan (Stuart, 2002:352). Berbicara masalah pemimpin  di Indonesia, pemimpin Indonesia adalah pemimpin yang tersandera, karena kebanyakan dari pemimpin dari Negara kita lebih suka melayani untuk dirinya sendiri. Sedangkan pepatah mengatakan, pemimpin mencapai suksesnya melalui pelayanan kepada orang lain, bukan dengan mengorbankan orang lain. Indonesia rusak karena pemimpin yang seperti ini, lalu seperti apa pemimpin yang dibutuhkan bangsa Indonesia? Pemimpin yang idealis bagi Indonesia adalah pemimpin yang memiliki empat karakteristik berikut:
                                       
     1.            Beriman
Pemimpin dengan karakter beriman, cenderung berfikir jernih dan memiliki sifat amanah. Ia melakukan tindakan sesuai dengan syariat, berkata jujur dan tidak suka menyakiti orang lain.
                                            2.            Cerdas
Karakter cerdas sudah tentu menjadi salah satu syarat utama seorang pemimpin. Karena setiap waktu, Negara dihadapkan oleh bermacam-macam persoalan baik itu diluar maupun didalam dan pemimpin dituntut untuk kritis serta bijak dalam menyelesaikan setiap persoalan tersebut. Disamping itu, pemimpin yang cerdas memiliki wawasan luas. Ia akan mampu melakukan transformasi Negaranya menjadi lebih baik dan maju.
                                            3.            Integritas
Posisi pemimpin lebih mudah diraih daripada dipertahankan. Ketika seorang pemimpin sudah menjabat, selain persoalan Negara ia juga akan dihadapkan oleh persoalan nurani. Dari situ dapat dilihat bahwa seorang pemimpin juga membutuhkan sifat integritas. Ia harus memiliki keteguhan hati yang tinggi dan konsistensi yang tak tergoyahkan dalam membuat keputusan dan tindakan. Sebab satu langkah saja ia salah bertindak maka pengaruhnya begitu besarterhadap banyak orang.
                                            4.            Pancasilais
Karakter terakhir merupakan karakter yang paling kompleks diantara yang sebelumnya. Mengapa? Karena sangat jarang dan mungkin sangat sulit bagi seorang pemimpin  dapat menanamkan kelima nilai luhur pancasila didalam jiwa, lisan dan raga selama masa hidupnya. Akan tetapi kita tidak boleh pesimis, jika mau semua itu bisa diterapkan mulai dari sekarang. Pemimpin dengan cermin kepribadian pancasila sudah pasti sanggup mewujudkan harapan  dan mempersatukan Bangsanya. Sebab nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila merupakan jiwa kepribadian dan pandangan hidup masyarakat diwilayah Nusantara sejak dahulu (Laksono,2008:2)
Karakteristik pemimpin yang dibutuhkan Indonesia sebenarnya adalah topik yang bersifat subjektif. Setiap orang tentunya memiliki pandangan ataupun pendapat yang berbeda. Namun, disini tujuannya tetap sama yaitu semuanya ingin pemimpin yang lebih baik dan mampu memenuhi visi Indonesia.

Referensi:
Laksono, Danang Tunjung. Pemahaman Pancasila sebagai Pandangan Hidup dan Intensitas Bimbingan Moral oleh Orang Tua Pengaruhnya terhadap Kesadaran Bahaya Perilaku Menyimpang pada Remaja di Kabayanan II Desa Mulur Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo Tahun 2008.Skripsi. Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah, 2008. 1-8.
Stuart, Robert D. and Barbara B. Morgan, 2002. Library and information centre management. Library Unlimited:USA.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar